Daftar Terbaik Sekolah Sepak Bola SSB di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah



SEJARAH SEPAK BOLA USIA DINI DI KABUPATEN SUKOHARJO

Sejarah perkembangan sepakbola usia dini di Kabupaten Sukoharjo dimulai dari kronologi beberapa tanggal penting. Tanggal 15 Agustus 1972 menjadi momen penting lahirnya klub lokal Persiharjo Sukoharjo. Persiharjo bermarkas di Stadion Gelora Merdeka Jombor.

Tahun 1981, H. Mugiyono mendirikan SSB Jatayu Watukelir Weru dengan pembinaan Lurah desa Jatingarang.

Tahun 1999, tepatnya tanggal 9 Agustus 1999, L. Agus Saparno, KH. Ali Pono, H. Firman Subechi, dan Sri Sumarni Didik mendirikan SSB New Pelita Solo (NPS). SSB yang bermarkas di Lapangan Kota Barat Solo ini memiliki satu lapangan latihan di Baki, Sukoharjo.

Tahun 2010, Rakhmat, adik dari striker PSS Sleman dan Persis Solo Tri Handoko Putro, mendirikan SSB Putra Baki bersama kakaknya. Iwan Kristiawan tanggal 16 Maret 2011 mendirikan SSB Solo United. SSB yang dijuluki "SOLID" ini adalah SSB yang bermarkas di Kartasura. Bulan Oktober 2011, SSB PSG Begajah didirikan di wilayah Begajah.

Tahun 2015, mantan pemain Persis Solo dan juara Liga Indonesia bersama Petrokimia Putra Dwi Joko Prihatin mendirikan Pasoepati Football Academy (PFA) yang berbasis di Sukoharjo.

Tanggal 10 Mei 2018, SSB Putra Gawok berdiri di kecamatan Gatak. Bulan Agustus 2019, Rakanda Abdu Rohman selaku Ketua Persatuan Sepakbola (PS) Armada Weru meremsikan SSB Armada.

Setahun setelahnya, tanggal 26 Januari 2020, Parmujo dan sebagian orang tua siswa yang tergabung dalam Persatuan Sepakbola Malangan (PS Malangan), mendirikan SSB Kridatama. Meskipun diresmikan tahun 2020, namun sejatinya SSB tersebut sudah aktif sejak sekitar bulan Oktober-November 2019.

SSB TERDEKAT BERDASAR WILAYAH

Ada 12 kecamatan di Kabupaten Sukoharjo, yaitu Baki, Sukoharjo, Kartasura, Mojolaban, Nguter, Polokarto, Bendosari, Bulu, Gatak, Grogol, Tawangsari, dan Weru.

Kecamatan Sukoharjo terdiri dari desa Banmati, Begajah, Bulakan, Bulakrejo, Combongan, Dukuh, Gayam, Jetis, Joho, Kenep, Kriwen, Mandan, Sonorejo, dan Sukoharjo. SSB yang berada di Begajah adalah PSG Begajah yang dilatih oleh Yanis Budi Purwanto. SSB PSG Begajah berlatih di Lapangan Stadion Begajah setiap Rabu dan Jumat sore. SSB yang bermarkas di Bulakan adalah SSB Putra Bulakan.

SSB Fortuna Sukoharjo bermarkas di kecamatan Sukoharjo, tepatnya di Stadion Gelora Merdeka Jombor. Di stadion penting ini, Pasoepati Football Academy milik Dwi Joko biasa berlatih. Mantan pelatih Persis Solo, Widyantoro, menjadi direktur teknik akademi ini. SSB Putra Sukoharjo juga bermarkas di stadion ini.

Kecamatan Baki terdiri dari desa Bakipandeyan, Bentakan, Duwet, Gedongan, Gentan, Jetis, Kadilangu, Kudu, Mancasan, Menuran, Ngrombo, Purbayan, Siwal, dan Waru. SSB New Pelita Solo memiliki lapangan latihan di desa Duwet, tepatnya di Lapangan Duwet.

SSB yang berada di desa Menuran adalah SSB Putra Baki yang beralamat di Lapangan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Baki 2, Tegalrejo, Menuran, kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo. SSB Putra Baki berlatih setiap Senin, Rabu, dan Sabtu.

Kecamatan Kartasura terdiri dari desa Kertonatan, Ngabeyan, Ngemplak, Pabelan, Pucangan, Singopuran, Wirogunan, Makamhaji, Gonilan, dan Gumpang, serta kelurahan Kartasura dan Ngadirejo. SSB yang bermarkas di Gonilan adalah Junior Sport Academy (JSA) Honggonilo. SSB ini bermarkas di Lapangan Gonilan. 

SSB yang bermarkas di Makamhaji adalah SSB Solo United. SSB Solo United berlatih setiap Selasa, Jumat, dan Minggu, dengan pendaftaran di Rumah Makan Sambel Belut Makamhaji. Tahun 2012, SSB Solo United membuat rintisan Program Solo United Pra Academy untuk usia 17-19.

SSB yang bermarkas di Kartasura adalah SSB Al Wathoni Junior atau Alwatoni. SSB ini bermarkas di Lapangan Gempol, Ngadirejo, Jambon, Ngadirejo. SSB ini pernah didatangi pemain PSIS Semarang Fredyan Wahyu Sugiantoro atau Ucil, maupun eks bintang PSIS Semarang Jessie Mustamu.

Kecamatan Mojolaban terdiri dari desa Bekonang, Cangkol, Demakan, Dukuh, Gadingan, Joho, Klumprit, Kragilan, Laban, Palur, Plumbon, Sapen, Tegalmade, Triyagan, dan Wirun. 

Di Sapen, terdapat SSB Perkasa Sapen, SSB yang pernah mengundang Bayu Pradana dan Septian David Maulana dalam suatu coaching clinic. Lapangan Sapen beralamat di Brajagan, Sapen, Mojolaban.

SSB yang bermarkas di desa Wirun adalah SSB Abimanyu. SSB yang didirikan Setiyawan. SSB ini berlatih setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu di Lapangan Wirun, Mojolaban. SSB Abimanyu pernah mengundang Haryanto 'Tommy' Prasetyo, adik dari Indriyanto Nugroho dan mantan punggawa timnas Barreti asal Sukoharjo, dalam latihan tahun 2018.


SSB Harimau Bekonang bermarkas di Stadion Mini Bekonang, tepatnya di desa Bekonang, Mojolaban. Selain bermarkas di Lapangan Ngijo Karanganyar, SSB P4S Zettle Meyer juga berlatih di Lapangan Batalyon Infanteri Mekanis Raider 413 Bremoro, Palur, Mojolaban, Sukoharjo.

Kecamatan Nguter terdiri dari desa Baran, Celep, Daleman, Gupit, Jangglengan, Juron, Kedungwinong, Kepuh, Lawu, Nguter, Pengkol, Plesan, Pondok, Serut, Tanjung, dan Tanjungrejo. SSB yang bermarkas di Nguter adalah SSB Puma Sukoharjo, tepatnya Lapangan Nguter. Lapangan ini beralamat di Jalan Raya Nguter Nomor 15, Dusun II, Nguter. SSB Puma berlatih setiap Selasa dan Kamis.

Kecamatan Polokarto terdiri dari desa Bakalan, Bugel, Bulu, Genengsari, Godog, Jatisobo, Kajuapak, Karangwuni, Kemasan, Kenokorejo, Mranggen, Ngombakan, Polokarto, Pranan, Rejosari, Tepisari, dan Wonorejo. SSB yang bermarkas di Genengsari adalah SSB Aska Polokarto. SSB ini bermarkas di Lapangan Satrio Panji Klegungan, Klegungan, Kalangan, Genengsari, Polokarto.

Di desa Pranan, terdapat SSB yang bermarkas di lapangan desa tersebut, yaitu SSB Patriot Pranan. SSB Bintang Mas juga berlokasikan di desa Pranan.

Kecamatan Bendosari terdiri dari desa Bendosari, Cabeyan, Gentan, Jagan, Manisharjo, Mertan, Mojorejo, Mulur, Paluhombo, Puhgogor, Sugihan, Sidorejo, dan Toriyo, serta kelurahan Jombor. SSB Permata Utama adalah SSB yang bermarkas di desa Mulur, Bendosari.

Kecamatan Bulu terdiri dari desa Bulu, Gentan, Kamal, Karangasem, Kedungsono, Kunden, Lengking, Malangan, Ngasinan, Puron, Sanggang, dan Tiyaran. SSB yang bermarkas di Malangan adalah SSB Kridatama, SSB ini bermarkas di Lapangan Desa Malangan. Siswa SSB Kridatama berlatih setiap Selasa, Kamis, dan Minggu.

Kecamatan Gatak terdiri dari desa Blimbing, Geneng, Jati, Kagokan, Klaseman, Krajan, Luwang, Mayang, Sanggung, Sraten ,Tempel, Trangsan, Trosemi, dan Wironanggan. SSB yang bermarkas di kecamatan Gatak adalah SSB Putra Gawok. SSB berlogo kereta ini bermarkas di Lapangan Tenogo Mulyo, Jalan Pramuka Nomor 15, Dusun II, desa Blimbing.

Kecamatan Grogol terdiri dari desa Banaran, Cemani, Gedangan, Grogol, Kadokan, Kwarasan, Langenharjo, Madegondo, Manang, Pandeyan, Parangjoro, Pondok, Sanggrahan, dan Telukan. SSB yang bermarkas di Cemani adalah SSB Putra Melati.

SSB yang bermarkas di Grogol adalah SSB Patriot Solo Baru. SSB Patriot Solo Baru bermarkas di Jl. Cendrawasih H-10, Solo Baru, Grogol. SSB lain yang bermarkas di Grogol adalah SSB Gedangan Putra Grogol.

Di desa Manang, terdapat SSB Persema Manang, bermarkas di Lapangan Manang. SSB Persema Manang berlatih setiap Selasa, Kamis, dan Minggu untuk kelompok 8-15 tahun. Dari logo klub seniornya, Persema Manang mencantumkan tahun 1960, yang dapat diduga klub tersebut sudah ada sejak 60-an. Padahal, klub lokal Persiharjo Sukoharjo baru berdiri tahun 1972.

Kecamatan Tawangsari terdiri dari desa Dalangan, Grajegan, Kedungjambal, Keteguhan, Lorog, Majasto,Pojok, Ponowaren, Pundungrejo, Tambakboyo, Tangkisan, dan Watubonang. 

Kecamatan Weru terdiri dari desa Alasombo, Grogol, Jatingarang, Karakan, Karanganyar, Karangmojo, Karangtengah, Karangwuni, Krajan, Ngreco, Tawang, Tegalsari, dan Weru. 

Di desa Weru terdapat SSB Armada dengan tempat latihan di Lapangan Garuda Pancasila Desa Weru. SSB Armada berlatih setiap Selasa dan Jumat sore. Lapangan Garuda Pancasila adalah markas dari SSB Armada sekaligus PS Armada. Lapangan ini pernah menjadi lokasi turnamen Armada Cup 2019 yang mendatangkan pemain Belanda Emile Linkers pada laga final PS Persada Alasombo melawan Astara FC.

SSB Jatayu Watukelir bermarkas di Lapangan Desa Jatingarang, Weru. Lapangan ini berada di sebelah selatan terminal dan pasar Watukelir. Siswa SSB Jatayu berlatih setiap Senin, Rabu, dan Jumat. SSB ini dilatih oleh pelatih bergelar sarjana pendidikan seperti Hardono, Harjoko, Wawan Dwi Hartanto, dan Sriyadi, serta pelatih lain seperti Wakido, Hari, dan Eko Purwanto.

PEMAIN SSB ASAL KABUPATEN SUKOHARJO

Ada banyak pemain sepak bola profesional yang berasal dari Kabupaten Sukoharjo. Tri Handoko Putro adalah salah satu contohnya. Striker kelahiran 1 Juli 1988 ini pernah membela Persis Solo dan PSS Sleman, Persinga Ngawi, PSIM Yogyakarta, Persipa Pati, Perserang Serang, dan PSMS Medan. Masa kecilnya ia habiskan belajar mengolah si kulit bundar di SSB Patriot Solo Baru.

Tri Handoko Putro didaftarkan orang tuanya di SSB Patriot Solo Baru bersama adiknya Rakhmat "Jojo". Rakhmat mengurungkan niat menjadi pesepakbola profesional, meski sempat membela klub Persatuan Sepakbola Hizbul Wathan (PSHW) Solo, klub Muhammadiyah di kompetisi internal Persis Solo. Cedera mengharuskan Rakhmat menekuni dunia musik dengan membentuk grup band Slobie Band. Rakhmat meneruskan usaha furnitur antik ayahnya dan pembuatan gitar. Di sela-sela kesibukannya tersebut, Rakhmat dibantu Tri Handoko membuka SSB Putra Baki untuk menyalurkan darah sepakbola dalam dirinya kepada anak-anak Baki.

Indriyanto Nugroho, striker kelahiran Sukoharjo, 14 September 1976, merupakan produk dari SSB Fortuna Sukoharjo. Indriyanto mengawali karirnya dari SSB ini, sebelum pindah ke Solo bergabung tim Monas Putra. Bakat Indriyanto diketahui ketika bergabung dengan Diklat Arseto Solo dan timnas Indonesia primavera yang diberangkatkan di Italia. Sekembalinya di Indonesia, Indriyanto berkarir di beberapa klub di Indonesia, Pelita Jaya, Persijatim, PSIS Semarang, Persiba Bantul, Persik Kediri, Persih Tembilahan, Persekaba Blora, PSIS Semarang, dan Persepam Pamekasan. Setelah pensiun, Indriyanto menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia U-16.

Haryanto 'Tommy' Prasetyo, adik dari Indriyanto Nugroho, merupakan alumnus SSB Fortuna Sukoharjo yang terpiliuh dalam program Timnas Indonesia Baretti. Pria kelahiran Sukoharjo tersebut merasa terpacu setelah kakaknya lolos ke Italia setahun sebelumnya. Pria kelahiran 3 April 1978 tersebut merasakan gemblengan Diklat Arseto Solo dan Diklat Salatiga, sebelum berangkat ke Italia. Sepulang dari Italia, Haryanto bergabung dengan Diklat Ragunan dan membela tim Pelita Jaya. Ia kemudian membela Pelita Solo, Persijatim Solo FC, Persita Krakatau Steel, Persijap Jepara, PSS Sleman, Persiku Kudus, dan Manado United.

Wahyu Tri Nugroho, kiper Persis Solo ketika klub kebanggaan kota Solo tersebut menjuarai Liga 2 Indonesia tahun 2021, adalah mantan pemain SSB Fortuna Sukoharjo. Permainan apiknya dalam sebuah turnamen SSB membuatnya dipanggil membela timnas Indonesia U-15. Karir WTN semakin menanjak ketika membela timnas U-17, U-20, dan sempat menjadi penjaga gawang timnas senior. Selain Persis Solo, WTN pernah membela Bhayangkara FC dan Persiba Bantul.

Anindito Wahyu Erminarno adalah jebolan SSB Putra Sukoharjo yang kemudian membela tim wilayahnya Persiharjo Sukoharjo junior. Striker kelahiran Solo, 13 April 1988 ini hijrah ke tim asal Kabupaten Karanganyar, Persika Karanganyar. Kemudian, Anindito membela Persis Solo, sebelum merantau ke Mitra Kukar dan Persija Jakarta. Anindito pernah dipanggil oleh Alfred Riedl untuk TC Timnas di Sidoarjo, menggantikan Boaz Solossa yang cedera.

Dwi Joko Prihatin adalah alumnus SSB Putra Sukoharjo. Bek kelahiran Sukoharjo, 25 Februari 1982 ini menjadi Juara Liga Indonesia 2002 bersama Petrokimia Putra. Dwi Joko dikenal sebagai mantan pemain Persita Tangerang, Deltras Sidoarjo, Persiba Balikpapan, dan di masa akhir karirnya membela Persis Solo. Pada tahun 2015, Dwi Joko membentuk Pasoepati Football Academy (PFA) di Sukoharjo.

Alfriyanto Nico Saputro, sayap kelahiran Surakarta, 3 April 2003, merupakan pemain besutan Dwi Joko di PFA Sukoharjo. Nico merupakan rising star Liga Indonesia, dimulai dari tim Persis Solo junior. Potensi Nico membawanya ke Diklat SKO Ragunan dan Persija Jakarta junior. Nico memperkuat Persija dalam kompetisi Super Soccer TV Elite Pro Academy Liga 1 U-16. Ia berhasil dipanggil untuk memperkuat tim Garuda Select asuhan Dennis Wise yang dibawa ke Inggris, sebelum kembali ke Macan Kemayoran.

Dika Kuswandani adalah kompatriot Alfriyanto Nico Saputro yang juga berasal dari PFA Sukoharjo asuhan Dwi Joko. Dika membela PSS Sleman dalam Elite Pro Academy Liga 1 U-16. Pemain sayap asal Jatisobo, Polokarto, tergabung dalam Garuda Select di Inggris. Sekembalinya dari Inggris, Dika memperkuat tim kebanggan kota asalnya Persis Solo.

Pamungkas Budi Wibowo adalah pemain PSG Begajah yang berhasil terpilih dalam program "Chasing the Dream" at Manchester United Soccer School yang disponsori perusahaan ban mobil. Pengidola Bambang Pamungkas ini bersaing dengan 41 anak dari 34 provinsi di Indonesia pada tahun 2015. 

Romadona Dwi Kusuma adalah pemain PSS Sleman yang berasal dari PFA Sukoharjo. Romadona adalah warga asli Jaten, Karanganyar, yang berlatih bersama akademi luar daerah. Namanya melambung tinggi ketika dipanggil Shin Tae-Yong dalam TC Timnas Indonesia U-18 untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023. Selain menjadi pesepakbola, Romadona tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Pendidikan dan Pelatihan Olahraga Universitas Tunas Pembangunan (UTP).

Rifqi Ray Farandi adalah kompatriot Romadona yang dipanggil Shin Tae Yong untuk TC Timnas Indonesia U-18. Rifqi adalah pemain asal Plumbon, Mojolaban, berasal dari PFA Sukoharjo. Keduanya sama-sama berposisikan sebagai gelandang, bedanya, Rifqi bermain di Bhayangkara FC.

DAFTAR SSB DAN KLUB DI KABUPATEN SUKOHARJO
  1. Persiharjo Sukoharjo
  2. SSB Solo United
  3. SSB P4S Zettle Meyer
  4. SSB Harimau Bekonang
  5. SSB Jatayu Watukelir Weru
  6. SSB Fortuna Sukoharjo
  7. SSB Permata Utama Mulur Sukoharjo
  8. SSB Bintang Mas Pranan Sukoharjo
  9. SSB Barito Nguter Sukoharjo
  10. SSB Putra Baki
  11. SSB Putra Sukoharjo
  12. SSB Patriot Solo Baru
  13. SSB Permata Utama Mulur Bendosari
  14. SSB Patriot Pranan
  15. SSB Gedangan Putra Grogol
  16. SSB Putra Harimau Bekonang
  17. SSB PSG Begajah
  18. SSB Putera Bengawan Grogol
  19. SSB Putra Gawok
  20. Pasoepati Football Academy (PFA)
  21. SSB Perkasa Sapen
  22. SSB Putra Bulakan
  23. SSB Puma Nguter Sukoharjo
  24. SSB Armada Weru
  25. PS Persada Alasombo
  26. Astara FC
  27. PS Armada Weru
  28. SSB Persema Manang
  29. SSB Abimanyu Wirun
  30. SSB Hizbul Wathan Sukoharjo
  31. SSB Al Wathoni
  32. SSB Putra Melati
  33. SSB Aska Polokarto
  34. SSB Kridatama Malangan
  35. Junior Sport Academy (JSA) Honggonilo
  36. SSB New Pelita Solo


Sumber: Wikipedia, Pikiran Rakyat, Tribunnews, Facebook, Twitter, Blogspot, Instagram Dokumen Pribadi.

Comments