Abstractive Sense

"Melalui rubrik ScoutIDN ini, AbSense akan  menyajikan kumpulan foto bocah-bocah Indonesia yang bermain bola di  lapangan, jalanan, hingga di sepetak lahan sempit. Jadi, salah jika  sepakbola Indonesia hanya identik dengan timnas, atau kompetisi skala  nasional. Masih ada ribuan bocah yang menggandrungi sepakbola, entah  sekedar mengisi waktu luang, bertanding mewakili wilayah, sekolah, SSB, atau tim junior, hingga bercita-cita menjadi pemain profesional. Sepakbola bukan hanya  milik kalangan tertentu, apalagi untuk kepentingan politik, sepakbola  milik seluruh rakyat Indonesia."


Masih di awal Agustus ini, Solo kembali menjadi tuan rumah kejuaraan sepakbola. Kali ini Liga Bocah II 2010, kejuaraan yang mempertemukan sekitar 80 SSB se-Jawa. Event ini dihelat pada tanggal 7-8 Agustus terpisah di tiga tempat berbeda, yakni Lapangan Kotta Barat, Stadion Sriwedari, dan Stadion Manahan. Babak penyisihan digelar di tiga tempat tersebut, khusus untuk final sendiri digelar di Stadion Manahan.

Bagi para gila bola yang sudah terbiasa menyaksikan ISL, Divisi Utama, atau kompetisi senior lainnya, keberadaan kompetisi junior seperti ini jelas memberikan suasana berbeda. Para pemain yang masih bocah terlihat lebih menikmati permainan dan menjunjung tinggi fair play. Suasana di tribun penonton yang lebih kekeluargaan, tidak ada fans-fans fanatik yang akan memperjuangkan klubnya sampai melampaui batas kewajaran. Tiket yang disediakan panitia tergolong sangat murah, hanya Rp 2.000 sebagai uang pembinaan, dan itupun berlaku di tiga venue, termasuk tribun VIP Stadion Manahan. Mungkin sesuatu yang penting dari kejuaraan seperti ini adalah semua pemain yang ikut ambil bagian adalah potensi, yang jika digarap serius dapat mendapat tempat di timnas Merah Putih.

Suasana pertandingan di Stadion Sriwedari





Suasana pertandingan di Lapangan Kotta Barat


Suasana pertandingan di Stadion Manahan


Untuk foto-foto lebih lanjut:
Album 1
Album 2
Album 3

Leave a Reply