Daftar Terbaik Sekolah Sepak Bola SSB di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah


SEJARAH SEPAK BOLA USIA DINI DI KABUPATEN KARANGANYAR

Era Awal Sepakbola Karanganyar

Sejarah perkembangan sepakbola usia dini di Kabupaten Karanganyar dimulai dari kronologi beberapa tanggal penting. Pada tahun 1965, sekolompok pemuda di sekitar Makam Pahlawan Karanganyar membentuk Persatuan Sepakbola Makam (PSM). Tahun 1967, tepatnya tanggal 20 November, PSM berubah nama menjadi Persika Karanganyar. Pergantian nama tersebut didukung Bupati Karanganyar saat itu, AKBP R Soekardjono. 

Sepakbola Karanganyar mulai bergerak di era 60-an. Uniknya, klub amatir asal desa Jetis bernama Dakota FC bertepatan dengan berdirinya Persika. Klub ini menjadi salah satu klub amatir tertua yang masih eksis hingga saat ini. Era ini ditandai dengan berdirinya klub pionir dan klub masa kini.

Era Amatir dan SSB Pertama

Tahun 1980, klub sepakbola amatir asal Matesih, Koentjoenk FC atau GFKC berdiri. Dua tahun kemudian, klub amatir asal desa Jati, Kartika Yudha FC berdiri tahun 1982. Delapan tahun kemudian, tahun 1988, klub amatir asal Karangpandan Putra Lawu berdiri. Klub asal Brujul, Jaten, Indoceli FC, hadir setahun setelahnya pada tahun 1989. Era 80-an menjadi tahun-tahun yang sepakbola masih berada di tahap pengembangan awal. Masih terbatas klub-klub yang berdiri pada tahun ini.

Memasuki era 90-an, klub-klub yang berorientasi pembinaan sepakbola usia dini mulai hadir. Tahun 1990, Sawahan Sport Club, klub amatir asal Karanganyar resmi berdiri. Namun, klub tersebut tidak memiliki sekolah sepakbola, hanya bermain di pertandingan klub tarkam.

Baru pada tahun 1991, Mattra Kebakkramat Football Club berdiri sebagai klub amatir yang memiliki arah ke persepakbolaan usia dini. Mattra Football Club memiliki SSB bernama Mattra, menjadikan klub dengan SSB tertua di Karanganyar. Kebakkramat menjadi kabupaten inisiator pengusung sepakbola usia dini.

Tahun 1991 juga menjadi tonggak sejarah pendirian dua klub amatir asal Karanganyar, yaitu PSM Munggur Bejen Karanganyar dan Putra Matesi. Setahun kemudian, klub asal Matesih Persenga Ngadiluwih didirikan tahun 1992. Klub amatir lain, Santana FC Jati asal Jaten, berdiri empat tahun kemudian pada tahun 1995. Klub asal Tawangmangu, Dwipa FC, berdiri setahun setelahnya pada tahun 1996.

SSB Bermunculan

PSB Bonansa UNS adalah SSB yang berbasis di Kota Solo, namun memiliki lapangan yang berlokasikan di luar kota, tepatnya di Palur, Karanganyar. Bonansa atau "Bola Anak-Anak Sala" didirikan oleh Drs. Soekatamsi, diresmikan oleh Rektor Universitas Sebelas Maret kala itu tanggal 19 Juni 1998. Prof. Dr. Haris Mudjiman, PhD. meresmikan Bonansa di Kampus JPOK FKIP UNS Manahan. Di tahun yang sama, Persatuan Sepakbola Jrakah atau PSJ, klub asal Delingan, Karanganyar, juga berdiri.

Selain muncul Bonansa, SSB muncul di beberapa daerah di awal milenium ini. Tahun 2000, Herry Prasetyo NS mendirikan SSB Elang Biru Jupiter Ngasem, Colomadu. Herry adalah pelatih berlisensi B Nasional dan merupakan mantan PSIS Semarang. Tahun 2002, beberapa insan sepakbola mendirikan SSB Pesat Karanganyar, dengan penanggung jawab Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., kepala pelatih Sumanto, dan asisten pelatih Tri Murcahyantomo atau kerap disapa Yoyok. Tambahan dua SSB ini memperkuat pembinaan sepakbola usia dini di Kabupaten Karanganyar.

Tahun 2004 menjadi tahun pendirian klub Jungke FC, cikal bakal SSB Putra Mars, yang berbasis di Lapangan desa Jungke. Namun, klub desa Jungke FC tersebut hanya bertahan tidak lebih dari setahun, memaksa Edo Bodro mengubah nama klub menjadi Mars FC pada tahun 2005. Tahun 2006, seorang pelatih bersama Barep Wahyu, saat itu mantan pemain Jungke FC dan pemain Mars FC, mendirikan SSB Putra Mars. SSB Putra Mars yang sempat vakum, dihidupkan kembali oleh mantan pemain Jungke FC pada tahun 2007, namun saat itu tidak berlangsung lama karena kesibukan Pebe dan Barep Wahyu, Barep Wahyu saat itu menjadi kiper Persebi Boyolali. 

Tahun 2007, SSB Mentari Karanganyar didirikan. Setahun kemudian, tepatnya tanggal 1 Agustus 2008, Komunitas Sepak Bola Detailer (Medical Representatif) asal Solo mendirikan Hideska FC. di Bolon, Colomadu. Tahun 2009, SSB Putra Mars kembali aktif dengan kehadiran Mursid Syidan. Mantan pemain JFC sekaligus mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK) Universitas Sebelas Maret, Solo yang menjalani praktek kerja lapangan. Ia dibantu teman sesama kuliah Iwan Kurniawan dan warga desa Nanang Bejo, selain Barep Wahyu yang saat itu membela PSS Sleman. Di tahun ini, Istiqomah FC asal Brujul, Jaten, juga didirikan.

Tahun 2010, mantan Ketua Askab PSSI Karanganyar Dua Malam Sehari mendirikan SSB Karangpandan FC. Tidak ada informasi pasti, namun informasi tentang SSB P4S Zettle Meyer pertama kali ada di tahun ini. Setelah melalui mati suri sebanyak dua kali, SSB Mentari berubah nama menjadi SSB Al Fattah pada tahun 2011. Budi Irianto adalah figur pendiri SSB tersebut. Tahun 2013 menjadi tahun legenda timnas Indonesia Rochy Putiray mulai merencanakan kegiatan pasca pensiun yaitu mendirikan SSB R21. Era milenium dan satu dekade kemudian menjadi era bermunculannya SSB terdekat di Kabupaten Karanganyar.

Era Lanjut Persepakbolaan Karanganyar

Tahun 2014, Persejati Kerten FC berdiri di Karanganyar. Sekitar tahun 2017, klub Putrabaya FC didirikan di Mojogedang. Di tahun yang sama, H. Anung Marwoko ST., MH mendirikan Putra Kaliboto FC dari wilayah yang sama. Tahun 2018 menjadi tahun berdirinya klub amatir asal Tawangmangu FC Sparta, Putra Tepus dan Pendem FC asal Mojogedang. Di tahun yang sama, klub futsal bernama Shakila juga didirikan. Pendirian klub futsal ini memberikan warna tersendiri untuk kemajuan sepakbola Karanganyar. Tahun 2019, klub tarkam yang cukup populer di Karanganyar, Sandung Riwut FC, didirikan oleh Tony Hatmoko. Klub ini kerap mengundang pemain-pemain bintang asal tim-tim liga profesional di Indonesia.

Tahun 2020, H. Prianto, SE., MM., memimpin ketua Askab PSSI Karanganyar serta Persika Karanganyar untuk mengikuti Liga 3 PSSI Zona Jawa Tengah. Usai menjabat posisi ini, beliau mengaktifkan kanal Youtube dengan nama "Prihanto Channel", menggalakkan persepakbolaan amatir Karanganyar yang menjadi fondasi Persika Karanganyar. Klub amatir Tracktorz FC dan Bintana FC asal Karanganyar, Blumbang FC asal Tawangmangu, Brujul FC asal Jaten, Papahan United asal Tasikmadu juga berdiri pada tahun ini. Tahun ini juga menjadi peristiwa ketika Kepala Desa Karanglo Suwarno mendirikan SSB PRPM Tawangmangu. Putrabaya FC mengembangkan SSB Putrabaya pada tahun ini. 

Tahun 2021 menjadi penanda beberapa peristiwa penting sepakbola, khususnya pendirian klub-klub baru. Tanggal 14 Januari 2021, Persepa FC didirikan di Tasikmadu. Tiga hari setelahnya, tanggal 17 Januari 2021, Sapu Angin FC asal Mojogedang, juga berdiri. Tanggal 3 Juli 2021, Alumni SMK Negeri 2 Karanganyar mendirikan Alsaka FC di Tasikmadu.

Tanggal 13 Agustus 2021, Aris Wisnu Saputro mendirikan klub tarkam Sedulur Tunggal Budi FC atau STB FC. Tahun 2021 juga ditandai dengan berdirinya klub amatir Rumaket FC di Ngargoyoso. Klub-klub amatir tercatat berdiri pada tahun ini. Sebut saja Pendawa Kaliboto FC.

Tahun 2021 juga menandai berdirinya sekolah sepakbola baru. Tanggal 16 Oktober 2021, Ketua Umum Yayasan AT Farmasi Suparno meresmikan SSB Agawe Trengginas (AT) Farmasi. SSB AT berlatih di lapangan desa Blulukan yang saat itu disulap menjadi stadion mini. Tanggal 13 November 2021, Supriyanto dan beberapa warga Macanan Kebakkramat mendirikan SSB Balacosa. Pada era ini, pendirian klub amatir di Karanganyar juga dibarengi dengan pendirian sekolah sepakbola.

Tahun 2022, Aris Wisnu Saputro mengubah nama klub sepakbola STB FC menjadi Seger Waras FC. Klub sepakbola ini bertanding melawan Kopites Karanganyar dalam laga eksibisi peresmian klub baru tersebut. Pertandingan SWFC melawan komunitas suporter Liverpool FC digelar tanggal 20 Februari 2022 di Lapangan Harjosari, Bejen, Karanganyar.

Tahun ini juga ditandai dengan berdirinya Sedulur Advokat Karanganyar FC atau SAK FC. SAK FC berdiri berdasar inisiatif sepuluh advokat asal Karanganyar sekitar bulan Mei 2022, termasuk Ari Santoso, SH., MH. dan Joni Wahyudi, SH.

SSB BERDASAR WILAYAH

Ada 17 kecamatan di Kabupaten Karanganyar, yaitu Karanganyar, Jaten, Tasikmadu, Tawangmangu, Colomadu, Gondangrejo, Jatipuro, Jatiyoso, Jenawi, Jumapolo, Jumantono, Karangpandan, Kebakkramat, Kerjo, Matesih, Ngargoyoso, dan Mojogedang.

Kecamatan Karanganyar

Kecamatan Karanganyar terdiri dari kelurahan Bejen, Bolong, Cangakan, Delingan, Gayamdompo, Gedong, Jantiharjo, Jungke, Karanganyar, Lalung, Popongan, dan Tegalgede. SSB Pesat Karanganyar dan SSB P dan K merupakan SSB yang berasal dari kecamatan Karanganyar, bermarkas di Stadion Angkatan 45. Klub Sedulur Tunggal Budi FC bermarkas di Lapangan Kridohanggo Ngasem, kelurahan Gedong. Klub STB FC kemudian berubah nama menjadi Seger Waras FC. SSB Al Fattah, dulu disebut SSB Mentari, berlatih di Bejen, tepatnya di lapangan belakang DPRD Karanganyar. SSB yang berasal dari Jungke adalah SSB Putra Mars, yang bermarkas di Lapangan Jungke.

Kecamatan Jaten terdiri dari kelurahan Brujul, Dagen, Jaten, Jati, Jetis, Ngringo, Sroyo, dan Suruhkalang. 

Kecamatan Tasikmadu terdiri dari kelurahan Buran, Gaum, Kalijirak, Kaling, Karangmojo, Ngijo, Pandeyan, Papahan, Suruh, dan Wonolopo. Puslat Putrani merupakan SSB yang bermarkas di Lapangan Desa Gaum, Tasikmadu.

SSB P4S Zettle Meyer merupakan SSB yang bermarkas di Lapangan Ngijo, yang berdekatan dengan Pabrik Gula Tasikmadu. Selain bermarkas di wilayah Karanganyar, SSB P4S Zettle Meyer juga berlatih di Lapangan Batalyon Infanteri Mekanis Raider 413 Bremoro, Mojolaban, Sukoharjo. 

PSB Bonansa UNS juga berlatih di lapangan yang terletak dalam kompleks militer ini. Pemain usia 13-15 tahun berlatih di lapangan ini setiap Selasa sore. Latihan kelompok remaja ini dipimpin oleh Muhammad Nurhadi "Memet" El Hamid, S.Pd.

Kecamatan Tawangmangu terdiri dari kelurahan Blumbang, Kalisoro, Tawangmangu, serta desa Bandardawung, Gondosuli, Karanglo, Nglebak, Plumbon, Sepanjang, dan Tengklik. SSB R21 milik Rochy Putiray juga memiliki cabang di wilayah ini. SSB PRPM bermarkas di Lapangan Desa Karanglo, Tawangmangu.

Kecamatan Colomadu terdiri dari kelurahan Baturan, Blulukan, Bolon, Gajahan, Gawanan, Gedongan, Klodran, Malangjiwan, Ngasem, Paulan, dan Tohudan. Di kelurahan Baturan terdapat SSB Tunas Tirta. SSB ini berlatih di Lapangan Baturan, Colomadu. Para siswa SSB dilatih pelatih Guntoro setiap Senin, Rabu, dan Jumat.


Di Blulukan, SSB AT Farmasi dan AT Farmasi Academy bermarkas di Stadion Mini Blulukan. SSB AT Farmasi berlatih setiap Senin, Rabu, dan Jumat di Stadion Mini Blulukan. 

AT Farmasi Academy menggunakan Stadion Mini Blulukan pada hari Selasa. AT Farmasi Academy juga memiliki lapangan latihan di Klodran, yaitu Lapangan Mantren. Akademi sepakbola yang berlokasikan tidak jauh dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tersebut berlatih di Lapangan Mantren setiap Rabu dan Jumat. PSB Bonansa UNS juga terkadang berlatih di Lapangan Gawanan, Colomadu.

SSB yang bermarkas di Ngasem, Colomadu, adalah SSB Elang Biru Jupiter. Pendiri SSB Herry Prasetyo NS, kelahiran Semarang, 23 Mei 1962, merupakan mantan pemain TCS Semarang, Rajawali Semarang, Persada Semarang, PSIS Semarang, BPD Jateng, Persikas Kabupaten Semarang, dan Biprada Semarang. Di penghujung karirnya, Herry mengikuti kursus S3 di Semarang, kursus S2 di Purwokerto, kursus lisensi C Nasional / AFC di Jawa Timur, dan kursus lisensi B Nasional / AFC di tempat yang sama.

Kecamatan Gondangrejo terdiri dari kelurahan Bulurejo, Dayu, Jatikuwung, Jeruksawit, Karangturi, Kragan, Krendowahono, Plesungan, Rejosari, Selokaton, Tuban, Wonorejo, dan Wonosari. Kecamatan Jatipuro terdiri dari kelurahan Jatiharjo, Jatikuwung, Jatimulyo, Jatipuro, Jatipurwo, Jatiroyo, Jatisobo, Jatisuko, Jatiwarno, dan Ngepungsari. 

Kecamatan Jatiyoso terdiri dari kelurahan Beruk, Jatisawit, Jatiyoso, Karangsari, Petung, Tlobo, Wonokeling, Wonorejo, dan Wukirsawit. Kecamatan Jenawi terdiri dari desa Anggrasmanis, Balong, Gumeng, Jenawi, Lempong, Menjing, Seloromo, Sidomukti, dan Trengguli. 

Kecamatan Jumapolo terdiri dari desa Bakalan, Giriwondo, Jatirejo, Jumantoro, Jumapolo, Kadipiro, Karangbangun, Kedawung, Kwangsan, Lemahbang, Paseban, dan Ploso. Kecamatan Jumantono terdiri dari desa Blorong, Gemantar, Genengan, Kebak, Ngunut, Sambirejo, Sedayu, Sringin, Sukosari, Tugu, dan Tunggulrejo.

Kecamatan Karangpandan terdiri dari desa Bangsri, Dayu, Doplang, Gerdu, Gondangmanis, Harjosari, Karang, Karangpandan, Ngemplak, Salam, dan Tohkuning. SSB yang bermarkas di kecamatan ini adalah SSB Karangpandan FC. SSB ini bermarkas di Lapangan Karangpandan, Bangsri.

Kecamatan Kebakkramat terdiri dari desa Alastuwo, Banjarharjo, Kaliwuluh, Kebak, Kemiri, Macanan, Malanggaten, Nangsri, Pulosari, dan Waru. SSB Mattra adalah SSB yang bermarkas di Kemiri, tepatnya di Lapangan Kebakkramat.

SSB Balacosa adalah SSB yang bermarkas di lapangan desa Macanan. Puslat Bapopsi bermarkas di Lapangan Waru, Kedungringin, Waru, Kebakkramat.

Kecamatan Kerjo terdiri dari desa Botok, Ganten, Gempolan, Karangrejo, Kuto, Kwadungan, Plosorejo, Sumberejo, Tamansari, dan Tawangsari. SSB Satria Muda Kerjo merupakan SSB yang bermarkas di Karangrejo, Kerjo, tepatnya di Lapangan Kerjo, berdekatan dengan SMP Negeri 1 Kerjo.

Kecamatan Matesih terdiri dari desa Dawung, Gantiwarno, Girilayu, Karangbangun, Koripan, Matesih, Ngadiluwih, Pablengan, dan Plosorejo. Di Karangbangun, legenda timnas Rochi Putiray membangun SSB R21 atau Rochi 21. SSB R21 bermain di lapangan desa Karangbangun.

Latihan SSB R21 digelar setiap Minggu pagi, terbagi menjadi kelompok usia 9-11 tahun dan 12-14 tahun. Tahun 2017, biaya pendaftaran SSB ini hanya Rp 60.000 untuk memperoleh kostum tim. Setiap datang, siswa hanya dibebankan biaya Rp. 2.000.

Kecamatan Ngargoyoso terdiri dari desa Berjo, Dukuh, Girimulyo, Jatirejo, Kemuning, Ngargoyoso, Nglegok, Puntukrejo, dan Segorogunung. 

Kecamatan Mojogedang terdiri dari desa Buntar, Gebyok, Gentungan, Kaliboto, Kedungjeruk, Mojogedang, Mojoroto, Munggur, Ngadirejo, Pendem, Pereng, Pojok, dan Sewurejo. SSB R21 juga memiliki cabang di wilayah Mojogedang.

PEMAIN SSB ASAL KABUPATEN KARANGANYAR

Ada banyak pemain sepak bola profesional yang berasal dari Kabupaten Karanganyar. Barep Wahyu, mantan kiper PSS Sleman berasal dari Mars FC, beliau juga melatih SSB Putra Mars. Barep pernah membela Persewar Waropen, Persiba Balikpapan, dan Persip Kota Pekalongan.

Nuri Agus Wibowo, kiper Persis Solo yang ikut menjuarai Liga 2 Indonesia ketika di final mengalahkan Rans Cilegon. Nuri Agus Wibowo adalah adik dari Barep Wahyu dan merupakan murid dari SSB Putra Mars.

Yofandani Damai Pranata adalah mantan pemain SSB Mattra Kebakkramat yang membela PSIS Semarang. Potensi pemain kelahiran Karanganyar, 9 April 2001 ini ditemukan oleh pemandu bakat SSB Terang Bangsa Semarang. Karirnya semakin maju ketika memperkuat PSIS Semarang dan dipanggil timnas U-19 arahan Shin-Tae Yong.

Akbar Riansyah Aditya Putra adalah mantan pemain SSB R 21 dan SSB Karangpandan FC yang kemudian banyak membela Persis Solo. Selain Persis Solo, Akbar membela Pelita Jaya, Pelita Bandung Raya, Cilegon United, PSIS Semarang, dan Rans Cilegon FC.

Rizky Juang Pratama adalah mantan pemain SSB Karangpandan FC yang kemudian melanjutkan ke SKO Ragunan. Rizky Juang kemudian membela PS Bengkulu dan Persiwa Wamena.

Pilar Damai Duta Sakti adalah alumnus AT Farmasi Academy yang kemudian membela Bali United junior dalam Elite Pro Academy 2021. Ego Aji Prasetya juga merupakan mantan pemain akademi tersebut yang membela Bali United dalam kompetisi remaja tersebut.

PSB Bonansa UNS, SSB asal Kota Solo yang juga berlatih di Palur dan Colomadu, telah menghasilkan banyak pemain berprestasi. Tahun 2004, Bagus Setia K., Wahyu Eko S., Aditya S., Fikri Fahmi Hakim, Bagus P., Roni N.E., dan Yoga P.H. memperkuat timnas U-12. Fikri Fahmi Hakim kembali dipanggil timnas U-16 pada tahun 2008. Fikri pernah memperkuat Arema Malang U-21 pada kompetisi tahun 2012.

Tahun 2009, pemain Bonansa Rodecta Fonda Demitra dan Nicholaes F.R. dipanggil untuk memperkuat timnas U-15. Setahun setelahnya, Aminudin Arif Fatah membela timnas U-13. Di tahun yang sama, Johan Anggiansyah. membela timnas U-15. Tahun 2011, Rossi Nuril H. lolos seleksi timnas U-14 dan pemilihan peserta AC Milan Junior Camp.

Wahyu Wiji Astanto atau Wahyu Wijiastanto adalah mantan pemain Bonansa pertama yang berhasil mencapai level timnas senior. Wahyu pindah dari Bonansa ke Diklat Salatiga dan Persijap Jepara Junior. Kemudian, Wahyu memperkuat klub Persis Solo, Persiba Bantul, Semen Padang, dan Baturetno FC. Era 2010-an, bek 191 centimeter ini sempat memperkuat timnas senior.

Keberhasilan Wahyu dilanjutkan oleh juniornya, yaitu Ricky Junian dan Fredyan Wahyu Sugiantoro. Ricky Junian dan Fredyan "Ucil" sama-sama pernah membela Diklat PPLP Salatiga dan Persis Solo Junior. Keduanya pernah membela timnas pelajar U-15. 

Fredyan selangkah lebih maju dari kompatriotnya di Bonansa tersebut, karena pemain kelahiran Boyolali, 11 April 1998, melanjutkan karir ke PS TNI, PSMS Medan, dan PSIS Semarang. Menjadi pemain inti PSIS Semarang, pemain yang juga menjadi tentara ini terpilih dalam skuat Timnas U-22 dan U-23.


DAFTAR SSB DAN KLUB DI KABUPATEN KARANGANYAR
  1. Persika Karanganyar
  2. Jungke FC
  3. Mars FC
  4. SSB Pesat Tirta Lawu Karanganyaar
  5. SSB P dan K
  6. SSB Mattra Kebakkramat
  7. SSB Satria Muda Kerjo
  8. SSB P4S Zettle Meyer
  9. PSB Bonansa UNS
  10. Puslat Bapopsi
  11. Sedulur Tunggal Budi FC
  12. SSB Karangpandan FC Karanganyar
  13. SSB Jaguar Tawangmangu
  14. SSB Bintang Lalung
  15. SSB Al Fattah
  16. SSB Mentari
  17. SSB Putra Mars
  18. SSB Bima Putra Kebakkramat
  19. SSB Putra Jumapolo
  20. SSB Taruna Tawangmangu
  21. SSB Balacosa Kebakkramat
  22. SSB Akademi R21
  23. SSB Jaya Muda
  24. SSB PRPM Tawangmangu
  25. SSB AT Farmasi
  26. AT Farmasi Academy
  27. AT Farmasi
  28. SSB Tunas Tirta
  29. Sedulur Tunggal Budi FC
  30. Seger Waras FC



Sumber: Pikiran Rakyat, Tribunnews, Facebook, Twitter, Blogspot, Instagram Dokumen Pribadi.


Karanganyar

Data Wilayah

Klub : 
Persika Karanganyar

Stadion dan Lapangan:
Stadion 45
Lapangan DPR (Belakang DPRD Karanganyar)


Daftar SSB/PSB/Puslat

1.
SSB Zettle Meyer

Pelatih :
Didi Listianto

Tempat Latihan :
Lapangan Ngijo (Dekat PG Tasikmadu)

Hari Latihan :
Selasa, Kamis, Minggu pagi



2.
Puslat Bapopsi Karanganyar


Pelatih :
Warsono

Tempat Latihan :
Lapangan Waru, Kebakkramat

Hari Latihan :
Selasa, Kamis, Minggu pagi


3.
SSB Satria Muda Kerjo


Pelatih :
Budi

Tempat Latihan :
Lapangan Kerjo, Karanganyar (Dekat SMP 1 Kerjo)

4.
SSB Pesat Karanganyar



Tempat Latihan :
Stadion 45

Hari Latihan:
Minggu pagi, .....

5.
SSB P dan Karanganyar


Pelatih :
Harjito (Pelatih Kepala), Tris (Asisten Pelatih)


Tempat Latihan :
Stadion 45


Hari Latihan:
Selasa, Sabtu


6.
SSB Tirta Lawu






Comments

  1. Pusat Pelatihan dan Pembinaan Sepak Bola FC PUTRANI mohon dicantumkan dalam daftar SSB/PSB/Puslat di Karanganyar.
    Dengan pelatih : Agus Suyadi dan Asistennya
    Hari Latihan : Senin dan Kamis
    Tempat Latihan : Lapangan Desa Gaum, Kec. Tasikmadu

    ReplyDelete
  2. pelatihnya ssb satria muda kerjo kelihatannya banyak merokok sich kasihan anak didiknya yang melihat ,,jadilah pelatih yang profesional yang menjadi pengayom anak didik anda..good luck demi kemajuan sepakbola kerjo
    from:perantau dari kerjo(cemeng)

    ReplyDelete
  3. itu ssb p dan k karanganyar sabtu ama selasa jam berapa tuh,,?

    ReplyDelete
  4. QORI(LISTIYANTO)24 January, 2015 22:04

    mau ikt lthn nih(qori,TASIKMADU,SURUH JETIS Rt03)

    ReplyDelete
  5. kalau mau daftar ,caranya gimana ?

    ReplyDelete
  6. Mau ndaftar ikut latian gmn caranya?

    ReplyDelete

Post a Comment