Abstractive Sense


"Melalui rubrik ScoutIDN ini, AbSense akan  menyajikan kumpulan foto bocah-bocah Indonesia yang bermain bola di  lapangan, jalanan, hingga di sepetak lahan sempit. Jadi, salah jika  sepakbola Indonesia hanya identik dengan timnas, atau kompetisi skala  nasional. Masih ada ribuan bocah yang menggandrungi sepakbola, entah  sekedar mengisi waktu luang, bertanding mewakili wilayah, sekolah, SSB, atau tim junior, hingga bercita-cita menjadi pemain profesional. Sepakbola bukan hanya  milik kalangan tertentu, apalagi untuk kepentingan politik, sepakbola  milik seluruh rakyat Indonesia."

Lokasi : Di emperan sebuah bengkel di daerah Palur, di sisi Jalan Raya Solo-Tawangmangu.
Deskripsi : Foto diambil pada pertengahan bulan Desember tahun 2010 dari sisi jalan yang lain. Terlihat beberapa anak bermain bola tanpa menghiraukan kendaraan yang berlalu lalang.

Kemelut di depan gawang. Amati saja kipernya, sepakbola bukan hanya olahraga milik anak laki-laki.

Banyak sepeda motor berlalu lalang hanya beberapa meter dari tempat bermain.

Bola selalu bergulir.
Sepakbola adalah sebuah permainan, namun, di Indonesia, sepakbola lebih dari itu. Selama ada lapangan dan bola, ritual ini selalu dilakukan oleh anak-anak Indonesia, tentunya tidak selalu oleh anak laki-laki. Kalaupun tidak ada lapangan, tempat seperti ini juga mereka gunakan.


Lebih lanjut mengenai berita sepakbola usia dini. Cek ini..



Cek di sini..

Leave a Reply