Abstractive Sense


"Melalui rubrik ScoutIDN ini, AbSense akan  menyajikan kumpulan foto bocah-bocah Indonesia yang bermain bola di  lapangan, jalanan, hingga di sepetak lahan sempit. Jadi, salah jika  sepakbola Indonesia hanya identik dengan timnas, atau kompetisi skala  nasional. Masih ada ribuan bocah yang menggandrungi sepakbola, entah  sekedar mengisi waktu luang, bertanding mewakili wilayah, sekolah, SSB, atau tim junior, hingga bercita-cita menjadi pemain profesional. Sepakbola bukan hanya  milik kalangan tertentu, apalagi untuk kepentingan politik, sepakbola  milik seluruh rakyat Indonesia."

Lokasi : Lapangan barat kantor Kecamatan Jaten.
Deskripsi : Foto diambil sore hari pada pertengahan bulan Desember tahun 2010. Setelah turun hujan, di lapangan serba guna tersebut, sekumpulan anak-anak bersenang-senang dengan bermain bola.

Di pagar lapangan tertulis UMT Stadium, mungkin bagi warga sekitar, lapangan ini sudah dianggap sebagai stadion untuk bermain bola. :)

Terdapat selokan di utara stadion, para pemain harus berhati-hati ketika melambungkan bola, atau hanyutnya bola menjadi salah satu resiko.
One on one, tanpa dapat dikejar pemain belakang lawan, seharusnya tercipta gol.

Seorang bocah berkostum "kaos dalam" mencoba melewati kiper lawan.


Tendangan yang melenceng di sisi gawang, padahal kiper sebenarnya sudah salah langkah.

Ada yang salah dengan pertahanan, sehingga dapat dengan mudah dimanfaatkan penyerang lawan, mungkin itulah yang dipikirkan sang kiper.


Dimulainya pertandingan kembali setelah tercipta gol. Amati kiper sebelumnya, ia berubah posisi menjadi penyerang. Selain itu, amati juga dua pemain yang menjadi pagar betis.

Bola dimainkan di belakang, amati kedua pemain yang sebelumnya menjadi pagar betis, keduanya masih setia berdiri di tempat sebelumnya. :)

Bukan hanya operan menyusur tanah, tapi terkadang ada operan lambung juga.

Bola keluar lapangan, seorang pemain menunjukkan kesadarannya untuk mengambil.

Entah apakah anak-anak tersebut harus ijin dulu, ataukah beda konteks. :)

Ulah konyol bocah-bocah: Gambar pertama, pemain yang sebelumnya kiper tim lawan, tertawa pada kipernya. Gambar kedua, pemain tersebut berlaku konyol menggoda rekan satu timnya. Gambar ketiga, gantian kipernya yang bertindak konyol.


Lebih lanjut mengenai berita sepakbola usia dini. Cek ini..



Cek di sini..



Leave a Reply