Abstractive Sense

PT Holcim dikenal sebagai produsen semen yang bukan hanya menjual semen, tapi memberikan solusi pembangunan rumah pada masyarakat (Solusi Rumah). Satu hal yang unik dari perusahaan ini yakni walaupun pabrik semen, namun suasana sekitar pabrik ditumbuhi pepohonan yang cukup rindang. Mengingatkan saya pada kerindangan pepohonan di UNS.

Selain itu, menurut penjelasan dari manajemen Holcim, perusahaan ini sudah menggunakan energi alternatif, biomassa, salah satunya sekam padi dari pertanian. Uniknya, lagi Holcim juga memelihara hewan rusa dan kupu-kupu di wilayah pabrik. Tetapi sayangnya saat itu keburu pulang, jadi belum sempat mengunjungi dan mengabadikan hewan tersebut.

Di bawah ini adalah foto-foto yang diambil dari dalam bus sewaktu keliling pabrik. Sebenarnya pihak Holcim menjelaskan langsung proses pembuatan semen dengan menunjukkan bangunan-bangunannya. Namun, tidak banyak yang dapat saya serap, mungkin karena dalam bus posisi duduk saya di bagian belakang, atau karena saya bukan mahasiswa teknik.
Suara bising keluar dari bangunan ini
Pengolahan biomassa



Sebuah kampanye keamanan kerja

Kerja sekalian olahraga?
Dari sekitar 649 pegawai di Holcim, hanya terdapat 15 karyawati. Dituntut fisik prima, salah satunya karena banyaknya tangga yang harus dilalui, dan foto di atas bukan tangga yang paling tinggi. Bahkan, saya pun belum tentu yakin kuat naik turun tangga setiap harinya.

Sebuah truk berada di dekat tempat penyimpanan




Kecepatan maksimum 20 km/jam

Penyimpanan Clinker

Clinker merupakan campuran dari batu kapur (limestone), tanah pekat (clay), pasir silika, dan pasir besi. Semen diproduksi dengan menambahkan gypsum pada clinker.

Nah, itu semua foto-foto suasana sekitar pabrik semen Holcim.

Leave a Reply