Abstractive Sense

Kalau DPR kebingungan memperjuangkan kunjungan kerja (kunker) mereka ke luar negeri, diam-diam mahasiswa Jurusan Komunikasi UNS Angkatan 2008 juga mengadakan kunjungan perusahaan (kunper?), walau cuma di dalam negeri.

Pada 28-29 November 2010, seluruh mahasiswa  yang mengambil spesialisasi Public Relation (/Advertising) mengadakan kunjungan perusahaan ke PT Holcim Tbk di Cilacap. Sebagai informasi, bagi mahasiswa Angkatan 2008, terdapat 5 spesialisasi, yakni Jurnalistik, Video, Public Relation/Advertising, Radio, dan Desain Grafis.
Seekor kucing berjalan melewati salah satu bus di tempat transit
Berangkat menggunakan bus dari Boulevard UNS sekitar pukul 23.30 WIB, rombongan yang terdiri dari 94 mahasiswa dan 2 dosen tiba dini hari di sebuah lokasi transit di RM Grafika Gombong, Kebumen. Setelah istirahat sejenak dan makan pagi, sekitar pukul 07.30 WIB bus meluncur menuju Cilacap, tepatnya obyek rekreasi Pantai Teluk Penyu.
Meluncur ke Pulau Nusakambangan dengan perahu
Tidak hanya berhenti di Teluk Penyu, sebagian besar peserta memilih untuk menyeberang ke Pulau Nusakambangan. Oleh karena kunjungan perusahaan dijadwalkan pada pukul 13.30 WIB, sebelum tengah hari, para peserta kunjungan diharuskan sudah sampai bus. Jadi, di Nusakambangan hanya terbatas berjalan mengikuti trek menuju pantai, tanpa memeriksa lorong-lorong.
Sebuah trek hutan yang sangat jauh
Sebuah pantai yang saya sendir tidak tahu namanya
Sekitar pukul 12.00 WIB, seluruh peserta tiba di Pantai Teluk Penyu setelah mengulangi trek Nusakmbangan dan menyeberang, dilanjutkan mandi dan melakukan persiapan kunjungan. Selanjutnya, bus berangkat menuju PT Holcim Tbk, setelah Sholat Dhuhur di sebuah masjid dekat Alun-Alun Cilacap.
Masjid dekat alun-alun Cilacap
Bus sampai di Holcim, dengan latar belakang pabrik

Sekitar pukul 13.30 WIB, para peserta diterima dengan tangan terbuka oleh pihak PT Holcim Tbk dengan presentasi mengenai proses produksi semen dan strategi community relation perusahaan. Setelah selesai presentasi, sore sebelum pulang lagi ke Solo, rombongan diajak berkeliling pabrik.
Presentasi dari pihak manajemen Holcim
Sebelum pulang
Sempat transit di tempat yang sama di Gombong untuk makan malam dan ber-karaoke ria hingga pukul 20.00 WIB, bus tiba di Boulevard UNS tengah malam. Walau cukup melelahkan, namun kapan lagi bakal ada kunjungan sekaligus tamasya satu angkatan mahasiswa Komunikasi UNS seperti ini. Ave Komunikare!

Leave a Reply