Abstractive Sense

Sebelumnya, tidak perlu mengernyitkan dahi terhadap judul di atas, karena ini hanya sebuah joke. Exaggeration, menurut buku "The Making of: 3D Animation Movie" karya Zaharuddin G. Djalle, merupakan salah satu gaya dalam film animasi. Gaya yang identik dengan film-film kartun semisal Donald Duck dan Tom and Jerry, ini berusaha melebih-lebihkan tampilan agar lebih dramatis dan ekspresif. Salah satu gambaran dari gaya ini ketika tokoh kartun mengemudikan mobil, maka bentuk dan gerakan mobil sama sekali tidak wajar. Terutama ketika tancap gas atau mengerem, maka bentuk mobil menjadi gepeng dan sebagian ban terangkat.

Nah, ketika saya dalam perjalanan dari Karangpandan menuju rumah, saya memberi kesempatan Brica LS-2 saya untuk menghirup udara segar. Saya memotret mobil, sepeda motor, dan penampakan lain di sepanjang jalan. Namun, dikarenakan kamera saya tidak bisa diutak-atik shutter speed-nya (tentunya), maka hasilnya seperti berikut:



Exaggeration ringan pada sepeda motor dan mobil.

Exaggeration tingkat tinggi.

Amati penampakan bapak-bapak tersebut.

Categories: ,

Leave a Reply