Abstractive Sense


Gambar di atas adalah screenshot dari Iron Roses, sebuah game yang bertemakan dunia band. Alex, pemain utama, juga dikarenakan alasan ekonomi, berkeinginan untuk menghidupkan kembali band lamanya, Iron Roses. Ia mencari dan mengumpulkan teman-teman lamanya yang beberapa telah berpindah haluan dari dunia musik.
Lantas, kenapa gambarnya Kulkas?
.....

Karena yang sebenarnya saya tekankan pada posting ini bukan gamenya, tapi pesan tersembunyi yang disengaja (intentional hidden message) atau lebih beken disebut "easter egg". Perhatikan secara teliti gambar di atas, di bagian kiri atas terselip gambar figur kartun Milky yang menempel pada botol susu. Figur Milky sendiri dikenal sejak muncul pada salah satu video klip grup band Blur, Coffee and TV. Milky dalam video klip tersebut "menjalankan tugasnya" mencari seseorang yang hilang. Ia terlibat dalam petualangan penuh rintangan, pengalaman cinta yang tragis, hingga akhirnya "meregang nyawa" saat diminum (alias habis).
Lebih lanjut tentang Milky

4 Responses so far.

  1. wah, mantab, ternyata gruo band pun ada games-nya, yak. butuh berapa orang utk memainkannya, mas?

  2. Andika says:

    Itu sebenarnya cuma game point and click.Cuma 1 orang, gamenya cukup sederhana, dengan permainan-permainan kecil yang kadang kurang penting.Sebenarnya tentang band itu sekedar pada plotnya.Tapi ndak salah kalau dicoba.Hehe

  3. andika says:

    Siap berkunjung balik.

Leave a Reply