Abstractive Sense

Pada tutorial kali ini kita akan membuat sebuah gradien yang halus, namun tidak menggunakan 'Gradient Tool'. Gaussian Blur dan Radial Blur sangat berguna dalam tutorial ini (salah satu filter favoritku).

....

1. Pertama kali kopi gambar di bawah ini (ukuran 1024x768). Ini adalah gambar screenshot Google Chrome dengan pem-blur-an (untuk keperluan privasi dari tulisan-tulisan tidak nyambung,hehe). Gambar boleh diganti dengan yang lain, pemakaian inipun juga iseng, mencoba kreatif saja.

2. Buat dokumen photoshop (ini CS3) baru dengan ukuran 1024x768 dan background berwarna hitam. Gambar tadi langsung saja di-drag ke lapisan teratas. Kurang lebih seperti gambar di bawah ini.
3. Beri 'Layer 1' efek Radial Blur (Filter/Blur/Radial Blur)
Catatan: Selalu aktifkan 'Layer 1', abaikan Layer 'Black'. 
4. Pada Radial Blur, pilih 'Spin' pada 'Blur Method', 'Amount' sekitar 71, dan 'Blur Center' agak ke kanan seperti gambar.
5. Kejutan! Hasilnya akan seperti ini.
6. Walaupun gambar telah banyak berubah, namun masih terlihat sangat kasar. Maka setelah ini beri efek 'Gaussian Blur' (Filter/Blur/Gaussian Blur). Pada 'Radius' pilih angka sekitar 63,6 pixels.
7. Pemilihan Radius yang cukup besar menjadikan hasil akhir semakin halus. Dan semuanya tampak berubah, bukan lagi screenshot Chrome.

8. Demikianlah, tutorial kali ini, pada gambar tersebut silakkan diberi tulisan sesukanya. Untuk efek tulisannya mungkin akan saya sambung pada waktu y.a.d. Semoga bermanfaat.

8 Responses so far.

  1. hasil akhir yang keren! kalo pake PS 7 bisa nggak ya? aku masih pake PS 7 noh mas.

    Ada award untuk anda, silahkan diambil di blog saya :D

  2. Andika says:

    Terima kasih,hehe. Kalau itu aku belum tahu. Sudah lama migrasinya kok. Tapi kalau ada fiturnya radial dan gaussian blur kemungkinan bisa.hehe

    Award? Bagaimana ya caranya masang? Maklum, masih termasuk blogger awam.

  3. menarik mas postingannya,,,

  4. Andika says:

    Hehe, terima kasih.

  5. annosmile says:

    bro ama PS CS 2 sama nggak bro
    soalnya saya nggak punya CS 3

  6. Andika says:

    Coba aja, selama ada Filter Gaussian dan Radial Blur bisa. Beda-bedapun juga sedikit, cuma jarak 1 CS.hehe

  7. wah keren sooooooobbb.... gw banget.... so gw paling suka edit2 foto pake photoshop...

    nice infoooo,... sangat bermanfaat bagi saya....

    salam kenal sob... maen ke blog saya ya :D

  8. Andika says:

    Terima kasih. Saling share aja. Hehe

    Oke, langsung meluncur....

Leave a Reply