Abstractive Sense


Setelah diteliti lebih jauh, ternyata game memiliki secuil manfaat yang menyembul di antara segudang sorotan negatif dan kadang tidak disadari. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Melatih motorik halus anak. Saat anak menekan tombol pada stik atau controller. Maka latihan ini tergolong latihan untuk motorik halusnya. Ada game yang menuntut gerakan jemari tangan yang cepat dan lambat. Perkembangan motorik halus juga akan berguna pada berbagai bidang di masa depan, seperti musik, komputasi dan yang lainnya.

....

2. Menambah pengetahuan dan mempermudah mempelajari suatu ilmu. Game tertentu juga menyodorkan pengetahuan umum yang bagus serta pengguanaan logika matematis untuk memecahkan. Seperti sejarah suatu tempat dan suatu hal, walau kadang terjadi penyimpangan sejarah yang berupa fiksi. Berbeda dengan edukasi multimedia, pengetahuan dalam game lebih sedikit dan disisipkan secara samar. Game cukup berandil dalam pengajaran Bahasa Inggris, karena dibungkus sedemikian menarik untuk dipelajari. Tanpa sengaja para gamer menghafal sesuatu istilah berbahasa Inggris yang kadang rumit atau jarang ditemui, seperti kata avalanche, adventure, nemesis, annihilation, vengeance, dan sebagainya. Sebuah perkembangan vocabulary atau kosa kata yang bagus dan akan jauh lebih sulit dihafal dengan cara manual, membaca dan mengingat. Game-game, khususnya game edukasi dapat melatih seorang anak secara asyik dan mudah.

3. Game kadang digunakan sebagai simulasi dalam berbagai bidang. Dari yang berupa simulasi menjalankan sesuatu benda ataupun mengenai kehidupan nyata. Ada beberapa simulasi menjalankan suatu benda seperti pesawat, kereta api, mobil, dan lain-lain. Bahkan, untuk berlatih para calon pilot di luar negeri dilatih dengan simulasi. Simulasi kehidupan nyata dapat kita lihat pada maraknya game strategi dan game teka-teki. Orang-orang yang terjun di sekitar dunia politik dan hukum kadang sangat menggandrungi game tersebut. Game itu digunakan untuk melatih kemampuan berbicara dan mengeluarkan pendapat yang tepat.


Daftar Pustaka

Rahayu, Utami Sri. 2007. “Panduan Aman Main PS”. Dalam Nakita. 5 Mei 2007. Jakarta.

2 Responses so far.

  1. situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,judi bola online,poker online indonesia, daftar situs poker online indonesia
    poker 88,situs poker online indonesia uang asli,situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,poker online indonesia
    nice post....
    article yang menarik untuk dibaca dan bermanfaat...
    maju terus sob,,,
    kunjungi blog saya juga ya sob, http://chaniaj.blogspot.com
    dan kunjungi juga situs kesayangan kami http://www.oliviaclub.com/oliviaclub/index.php
    link alternatif http://www.oliviaclub.net/oliviaclub/index.php
    oliviaclub poker online uang asli indonesia terbaik dan terpercaya
    Poker Indonesia, Indonesia Poker, Poker Online Indonesia
    yuk,,buruan gabung,,ada bonus nya lho,,,,

Leave a Reply