Abstractive Sense


Kenapa karakteristik hanya untuk mahasiswa ilmu komunikasi? Karena aku mengalami sebagai mahasiswa ilmu komunikasi dan ini adalah informasi yang aku dapat pada awal keberadaanku di jurusan ini. Siapa tahu jika kamu berkeinginan masuk ke jurusan ini tapi masih bertanya-tanya. Waktu itu saat ospek jurusan, seorang pembicara meminta kepada kami mahasiswa baru untuk bertanya pada diri kami sendiri. Pertanyaan yang harus diajukan antara lain sebagai berikut:

1. Bagaimana menilai diri sendiri? Pribadi tertutup atau terbuka?
Seorang mahasiswa ilmu komunikasi disarankan memiliki peribadi yang relatif terbuka.
....

2. Bisakah bekerja sama dengan orang lain?
Seorang mahasiswa ilmu komunikasi disarankan mampu bekerja sama dengan orang lain. Hal ini dikarenakan pada sekitar pertengahan masa studi banyak tugas kelompok (yang memang perlu dikerjakan secara kelompok).

3. Apakah cukup kreatif?
Ada banyak definisi kreatif, pada intinya seorang mahasiswa ilmu komunikasi dapat memunculkan gagasan baru. Bahkan malah disarankan proses kreatif hingga mencapai "gila" (jangan diartikan denotatif, maksudnya sangat kreatif :) ).

Kesimpulannya tergantung pada diri masing-masing individu. Karakteristik ini tidak mutlak, hanya sekedar informasi saja. Semoga bermanfaat.

2 Responses so far.

  1. Ikut menyimak artikelnya gan :-)

    Salam,

  2. ilmu kemunikasi harus pinter ngomong yah

    Please visit for For volunteerism, philantrophy dan humanism #LetsHelpRohingya

Leave a Reply